Terhubung dengan kami

OTONEWS

Himalayan 450 Rally, Royal Enfield Serius Akan Hadirkan Versi Rally atau Cuma Rumor?

Diterbitkan

pada

Royal Enfield Himalayan 450 Rally

OTONERS – Royal Enfield kembali membuat heboh pecinta motor off-road. Kemarin, 4 November, pada acara EICMA 2025, Royal Enfield merilis teaser pertama Himalayan 450 Rally Raid. 

Versi Rally Raid ini merupakan pengembangan dari Himalayan 450 standar, yang dirancang khusus untuk penggemar off-road serius. 

Motor ini diperkirakan akan dilengkapi dengan suspensi penuh yang dapat disetel, dengan tabung garpu lebih tebal agar lebih tahan banting dan memberikan kontrol lebih baik di medan berat. 

Kursi belakang bergaya rally dan pelindung knuckle disiapkan sebagai fitur standar, sementara bodi motor dibuat lebih ringan dengan tangki bahan bakar yang lebih kecil untuk memudahkan manuver di jalur off-road. 

Royal Enfield juga kemungkinan akan menggunakan roda spoke tubeless sebagai standar, serta meningkatkan sedikit tenaga mesinnya agar sesuai dengan karakter Rally Raid.

Selain tampil di EICMA 2025, Royal Enfield juga akan memamerkan Himalayan 450 Rally Raid di India pada acara Motoverse 2025. 

Meskipun jadwal peluncuran resmi belum dikonfirmasi, kemungkinan besar pengumuman harga dan ketersediaan akan dilakukan saat acara Motoverse.

Bentuk Himalayan 450 Rally Raid Sudah Tidak Asing

Jauh sebelum dirilisnya teaser pertama untuk Himalayan 450 Rally Raid, kemarin. Sebenarnya model Himalayan 450 Rally ini sudah muncul sejak sekitar 8 bulan yang lalu.

Pembuat motor kustom Prancis, Orion Porta dari OrMotors menginginkan New Himalayan 450, motor kesayangan India itu tampil lebih dari model standar. Terinspirasi dari reli, mereka lalu menciptakan motor kustom dengan peningkatan kapasitas bahan bakar, suspensi, pengurangan bobot yang signifikan, dan tenaga yang lebih besar.

Motor hasil modifikasinya yang dijuluki “Dust Trail” ini tidak hanya dirancang untuk enak dilihat saja. Sebaliknya, Porta, juga meningkatkan kemampuan off-road New Himalayan 450.

Dimulai dengan mengganti tangki standar 4,5 galon dengan tangki bahan bakar 23 liter (6 galon) berwarna merah-putih dari Acerbis, proyek Himalayan 450 ini langsung menjadi pusat perhatian dan menjadi dasar dari keseluruhan desain. 

Pelindung garpu, pelindung tangan, dan bash plate dari Acerbis juga ditambahkan untuk memperkuat motor ini. 

Garpu standar Dust Trail berukuran 43 mm telah ditingkatkan dengan komponen internal Andreani, yang menurut Porta menambah 1,18 inci (30 mm) dari jarak tempuh depan yang aslinya 7,9 inci. 

Suspensi belakangnya dari pabrikan Prancis, EMC, sementara sistem knalpot lengkap dari HP Corse Italia yang menghasilkan suara gemuruh Himalayan yang menurut Porta terdengar seperti “motor enduro sejati”.

Knalpot kompak ini berpadu apik dengan Rally Kit Royal Enfield, yang mencakup jok bergaya reli, untuk merapikan tampilan bagian belakang motor. 

Di bagian depan, konfigurasi menara reli, bersumber dari pabrikan Italia 4K Parti Speciali, yang membentuk ulang kokpit motor dengan dudukan yang dibuat dengan mesin CNC yang menahan dasbor asli di tempatnya sekaligus memperluas fungsinya. 

Kit ini mencakup lampu depan LED ganda dan kaca spion profil rendah, yang memberikan tampilan depan yang lebih tajam dan lebih tegas.

Knob Continental TKC 80 melengkapi paket siap off-road, sementara grafis yang disediakan oleh Creative Garage melengkapi tampilan tangki Acerbis yang berani.

Mungkin peningkatan paling signifikan adalah pengurangan bobot motor ramah lingkungan ini sebesar 46 pon—dari bobot kosong 432 pon (dengan bahan bakar 90 persen) menjadi sekitar 386 pon. Bahkan dengan memperhitungkan bobot bahan bakar tambahan, kita masih membicarakan motor petualangan dengan bobot di bawah 400 pon. 

Porta menekankan bahwa efek gabungan dari semua modifikasi inilah yang menghasilkan penurunan bobot yang signifikan.

Untuk melengkapi sistem pembuangan HP Corse, Porta menambahkan pengoptimal injeksi bahan bakar PowerTronic FuelX Pro—yang memungkinkan pengendara menyesuaikan pengaturan untuk memperkaya atau mengurangi campuran bahan bakar-udara sesuai kondisi berkendara atau preferensi pribadi—serta filter udara DNA.

Belum ada informasi resmi mengenai peningkatan tenaga kuda dari Sherpa single silinder 452cc berpendingin cairan ini, yang menghasilkan 39,5 hp dan torsi 1.355 NM dalam kondisi standar, tetapi Porta mengatakan Himalayan 450 kustomnya mungkin menghasilkan tenaga lebih besar berkat knalpot dan peningkatan tuning. 

“Suaranya seperti motor enduro, dan respons gasnya sangat baik,” tambahnya. 

Berkat tangki Acerbis, ia juga mengklaim motor ini dapat menempuh jarak hingga 700 km tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar.

Meskipun proyek Himalayan 450 bertujuan untuk membuatnya lebih tangguh di medan off-road, Porta mengakui ia senang dengan perhatian yang diberikan: “Saya sangat puas dengan orang-orang yang terkejut saat melihat motor ini.***

Lanjutkan Membaca
Iklan
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending