OTONEWS
5 MOTOR PETUALANGAN BARU 2026
OTONERS, ajang EICMA 2025 yang baru saja berlangsung (pada November 2025) di Milan, Italia, menjadi lokasi peluncuran banyak model sepeda motor untuk tahun 2026. Beberapa di antaranya meliputi:
1. Norton

Pabrikan asal Inggris ini meluncurkan jajaran lengkap model 2026, termasuk dua model petualangan (adventure) yaitu Atlas dan Atlas GT 585cc.
Norton Atlas dan Atlas GT
Sekilas hampir tidak ada perbedaan dari kedua motor ini. Keduanya ditenagai oleh mesin parallel-twin berkapasitas 585cc. Kedua model ini berbagi platform mesin dan rangka baja tipe trellis yang sama, tetapi dibedakan berdasarkan peruntukan penggunaan. Atlas standar lebih berorientasi pada petualangan off-road, sementara Atlas GT dirancang sebagai sport tourer untuk kenyamanan jarak jauh di jalan raya.

Dibekali mesin liquid-cooled 585cc pada kedua model ini diklaim menghasilkan tenaga sekitar 70 hp. Karakter mesinnya responsif berkat sudut engkol 270 derajat yang memberikan suara mirip mesin V-twin.
2. Benelli
Dalam gelaran EICMA 2025, Benelli memperkenalkan tiga model adventure touring baru untuk tahun 2026, dengan andalan TRK902 Xplorer, serta model TRK902 Stradale.
TRK 902 Xplorer

Sepeda motor petualangan (adventure bike) terbaru dari Benelli, yang diposisikan sebagai model kelas tertinggi dalam jajaran TRK mereka. Ditenagai mesin parallel-twin berkapasitas 904cc yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 98,6 hp pada 8.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini dikembangkan dari basis mesin Leoncino 800 tetapi dengan modifikasi signifikan pada komponen internal untuk mencapai kapasitas dan performa yang lebih tinggi.
TRK 902 Stradale

Ini adalah versi sport touring yang berfokus pada jalan raya dari jajaran TRK 902 terbaru, yang dirilis bersamaan dengan versi petualangan TRK 902 Xplorer di EICMA 2025. Motor ini dirancang untuk pengendara yang mengutamakan kenyamanan, perlindungan, dan performa di jalan beraspal, dengan tetap berbagi platform mesin dan rangka dasar dengan model Xplorer.
Ditenagai oleh mesin parallel-twin 904cc yang sama, menghasilkan tenaga sekitar 95 hp (95.2 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 6.500 rpm, dikelola oleh sistem Ride-by-Wire Bosch.
3. Honda

Pabrikan Jepang ini memamerkan beberapa pembaruan untuk jajaran tahun 2026, termasuk CB1000GT sport tourer.
Ini adalah sebuah sepeda motor sport tourer baru yang menggabungkan performa tinggi dengan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh, dan diposisikan di atas NT1100 dalam jajaran produk Honda. Motor ini berbasis dari naked sportbike CB1000 Hornet.
Ditenagai oleh mesin 4-silinder segaris DOHC 1.000cc berpendingin cairan, yang diturunkan dari CBR1000RR Fireblade 2017. Mesin ini telah disetel ulang untuk memberikan respons throttle yang lebih halus pada putaran rendah dan menengah, menghasilkan tenaga sekitar 149 dk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 8.750 rpm.
4. Morbidelli
Morbidelli memperkenalkan dua model petualangan, T1002VX dan T502XR. T1002VX adalah model kelas berat dengan mesin V-twin 997cc dan fitur premium seperti jok berpemanas, sementara T502XR adalah model yang lebih ringan di kelas 500cc dengan fokus seimbang 50% on-road dan 50% off-road.
T1002VX

Sepeda motor petualangan (adventure touring) kelas berat terbaru dari merek Italia Morbidelli. Motor ini dirancang untuk menantang model-model seperti Honda Africa Twin dan Ducati DesertX, dengan fokus pada performa yang seimbang baik di jalan aspal maupun medan off-road.
Mesin Morbidelli T1002VX ditenagai oleh mesin V-twin 80 derajat berkapasitas 997cc, 4-tak, SOHC, dan berpendingin cairan. Memiliki tenaga maksimal sekitar 88.5 hp pada 7.750 rpm dengan torsi 89 Nm pada 5.250 rpm.
T502XR

Ini adalah sepeda motor adventure kelas menengah terbaru darinya. Motor ini dirancang khusus untuk menyeimbangkan kemampuan jalan raya (on-road) dan medan tanah (off-road) dengan perbandingan 50%:50%. Mesinnya ditenagai oleh mesin parallel-twin berkapasitas 486cc yang menghasilkan tenaga sekitar 47.6 hp pada 8.500 rpm dan torsi 45 Nm pada 6.750 rpm. Mesin ini didesain agar kompatibel dengan SIM A2 di Eropa.
5. Ducati

Tak ada yang baru dari Ducati, kecuali memperbarui model Multistrada V4 Rally mereka dengan tangki bahan bakar yang lebih besar (30 liter) dan pembaruan aerodinamis serta fitur radar cruise control adaptif untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan jarak jauh.
Mesinnya tetap menggunakan mesin V4 Granturismo 1.158cc yang bertenaga, menghasilkan sekitar 170 dk pada 10.750 rpm dan torsi 121 Nm. Mesin ini memiliki interval servis katup yang panjang (setiap 60.000 km) dan strategi penonaktifan silinder belakang yang aktif saat berhenti atau kecepatan rendah untuk efisiensi dan mengurangi panas.
Paket elektronik diperluas dengan penambahan fitur keselamatan penting, seperti sistem berbasis radar yang memberikan peringatan visual jika pengendara mendekati kendaraan di depan terlalu cepat. Ada juga fitur cerdas yang menurunkan suspensi secara otomatis di bawah 10 km/jam untuk memudahkan pengendara menapak tanah, dan kembali ke ketinggian normal saat kecepatan meningkat.
Ditambah lagi lgoritma canggih (teknologi MotoGP) yang memonitor posisi dan distribusi bobot motor secara real-time untuk penyesuaian ABS, kontrol wheelie, dan suspensi yang optimal.
Begitu juga dengan sistem pengereman yang telah direvisi, memungkinkan pengereman depan juga aktif secara lembut saat hanya rem belakang yang ditekan untuk stabilitas.
Yang terakhir, suspensi Semi-aktif Skyhook EVO dari Marzocchi yang telah diupdate untuk penyesuaian peredaman yang lebih efektif saat berkendara.
Nah OTONERS, mana yang menurut kalian paling menarik dan layak ditunggu masuk ke pasar Indonesia?
Apa pun motor kalian, Keep Riding and Feel Something Different.***
-
Uncategorized4 minggu yang laluTanamkan Jiwa Pahlawan untuk Keselamatan Berlalu Lintas, Nusantara MotoriderS MC Gelar Suskat Safety and Defensive Riding
-
OTONEWS3 minggu yang laluInilah Motor Bergaya Adventure Terpopuler di Indonesia
-
OTOREVIEW3 minggu yang laluKLE 500 SE vs CFMoto 450 MT, ini Pendapat Kami
-
OTONEWS3 minggu yang laluPolytron Akan Launching Motor Listrik Terbaru, Namanya Misteri





Ping balik: KLE 500 SE Vs CFMoto 450 MT, Ini Pendapat Kami - OTONUSA.ID