Terhubung dengan kami

OTONEWS

QJMOTOR SRT 700 X Bakal Masuk Indonesia Bulan Ini, Harganya Bikin Males Beli Motor Lain

Diterbitkan

pada

OTONUSA.ID – Merekan sepeda motor asal Tiongkok, QJMOTOR akhirnya membawa line up tipe adventure-nya ke Indonesia.

Informasi yang diterima redaksi OTONUSA.ID, QJMOTOR Indonesia akan memboyong SRT 700 X untuk meramaikan bursa sepeda motor segala medannya pada pertengahan bulan ini di PRJ Kemayoran.

Yang paling menarik, sepeda motor dengan segudang fitur canggih ini dijual dengan harga yang dapat membuat pesaingnya sesama produsen motor adventure ketar-ketir.

SRT 700 X memang bukan produk terbaru dari QJMOTOR, motor sebut sebelumnya sudah diluncurkan dipasaran eropa pada medio tahun 2023 – 2024.

Dari hasil penelusuran redaksi OTONUSA.ID, QJMOTOR, merek yang diciptakan oleh Qianjiang ini dengan kekuatan penuh ingin memantapkan dirinya sebagai salah satu produsen motor asal Tiongkok yang paling kuat di dunia, bersaing dengan merek-merek di pasar eropa.

Ini terbukti dengan hadirnya QJMOTOR di balapan dunia sekelas MOTOGP di kelas MOTO 1 dan MOTO 2, begitu juga di ajang kejuaraan motor WSBK.

Motorcyclesports.net, sebuah media asal amerika serikat yang pernah menguji SRT 700 X di hampir semua kondisi lintasan, mengatakan bahwa SRT 700 X ini tidak takut pada apa pun, dan terbukti baik sebagai motor petualangan.

Bermesin Dua Silinder

SRT 700 X ini digendongkan mesin 2 silinder 8 katup dengan kapasitas mesin 698cc , dengan daya 73,5 HP dengan sistem injeksi elektronik.

Motor ini dikatakan memiliki ketersediaan tenaga di seluruh rentang putaran mesin, hanya saja torsinya terasa kurang pada kecepatan rendah, terutama di lintasan offroad.

Tenaga pada mesin SRT 700 X ini memang selalu tersedia, tapi cocok dengan paket berkendara lainnya. 

Seperti berkendara di jalan beraspal, linearitas pada mesin dua silinder SRT 700 X merupakan aset besar pada mesin QJMOTOR ini. 

Motor ini menawarkan 67 NM pada 6.500 rpm sebagai nilai maksimumnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada putaran yang lebih rendah SRT 700 X dikatakan kekurangan tenaga pada blok dua silindernya. 

Hal tersebut akan dirasakan ketika berkendara di lintasan offroad dan ingin keluar dari situasi yang sulit, atau menggeser roda belakang untuk melewati tikungan yang lebih tajam dan lambat. 

Namun, putaran mesin rendah tidak menjadi masalah, bahkan menunjukkan bahwa jantung sepeda motor ini tidak mengalami getaran yang kuat, berapa pun rentang putaran mesin yang dikeluarkannya.

Paket Berkendara yang Lengkap

Jika melihat lembar data teknisnya, dengan mencangkokkan suspensi Marzocchi yang dapat sepenuhnya disetel sebagai peredam kejut. Hal tersebut, membuat SRT 700 X ini langsung terlihat menonjol.

Pada pengujian yang dilakukan motorcyclesport.net, dikatakan bahwa kinerja suspensi depan dan belakang pada SRT 700 X tidaklah mengecewakan, berperilaku mulus serta mampu membaca kondisi jalan dengan baik ketika dibawa menempuh jalan dengan kondisi aspal yang bervariasi. Terutama di jalan aspal yang buruk.

Di lintasan offroad, baik roda depan maupun belakang dikatakan terbukti mampu bertahan. 

Tetapi, dengan bobot 240 kg dan kurangnya torsi pada putaran mesin rendah menjadi salah satu kekurangan dari SRT 700 X.

Dari sisi pengereman, SRT 700 X dikatakan memiliki tuas pengereman bagian depan yang dapat disetel.

Sementara, merekan BREMBO ABS bertipe WAVE dipercaya untuk mengurusi pada bagian pengereman sehingga menawarkan tenaga dan rasa yang nyaman di bagian pengereman depan dan belakang.

Equipmentnya membuat iri

Equipment standar yang bisa membuat iri pada SRT 700 X meliputi panel TFT 5” yang dapat dikoneksikan ke ponsel.

Selain itu, disematkan juga hand grip dan jok berpemanas di bagian pengendara yang dapat memberi kenyamanan untuk perjalanan jauh terutama di daerah-daerah bersuhu udara dingin.

Panel TFT-nya memiliki visibilitas yang baik, meskipun dikatakan sedikit terganggu oleh sinar matahari langsung. 

Meski demikian, pengendara masih bisa menyetelnya ke mode gelap setiap saat atau mengkonfigurasinya untuk berubah secara otomatis.

Fitur konektivitas ponselnya dapat digunakan untuk navigasi selama melakukan perjalanan jauh. 

Pada sisi kiri dasbor ada soket USB, serta palang pada penyangga windshield yang dirancang agar pas dengan dudukan ponsel atau GPS.

Sebagai standar keamanan, motor ini juga sudah dilengkapi dengan hand guard, protection bars, illuminated controls, standar tengah serta jok dan handgrip berpemanas.

Awal yang baik

QJMOTOR SRT 700 X telah menunjukkan bahwa merek Tiongkok tersebut tidak gila, tetapi sedang mengembangkan pondasi yang baik untuk masa mendatang.

Seperti yang redaksi OTONUSA.ID lihat selama masa penelusuran, jangkauan QJMOTOR sudah sangat luas dan terus bertambah, yang menunjukkan komitmen kuatnya terhadap pasar eropa, tempat mereka harus mengalahkan hiu-hiu besar. 

Dan kini, mereka mulai masuk ke pasar asia secara luas dan Indonesia menjadi salah satu pasar pilihannya.

Berapa harganya?

Informasi yang redaksi OTONUSA.ID terima dari ordal (orang dalam-red), SRT 700 X akan dijual di Indonesia dengan harga dibawah 200 juta.

Di eropa, SRT 700 X hadir dengan tiga varian warna, merah, abu-abu gelap dan putih.

Bagaimana? Tertarik?

Ok, kita tunggu kehadiran SRT 700 X-nya di Indonesia. 

Keep riding and feel something different. ***

Lanjutkan Membaca
Iklan
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending